TUGAS MANAJEMEN
DOKUMENTASI
LAPORAN
KEARSIPAN
DI
KANTOR KECAMATAN GIRIMARTO
SIDOHARJO
Laporan
ini disusun untuk memenuhi tugas Mata Kuliah
Kearsipan semester 1pada Pendidikan Administrasi
Angakatan 2015 / 2016
1.
Deti Indriani
2.
Nina Fitriyana
3.
Lianova Elyza
4.
Suci Sri Kuntari
JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN
IPMI KUSUMA BANGSA
SURAKARTA
2015
KATA PENGANTAR
Puji Syukur penulis panjatkan
kehadirat Allah SWT atas rahmat dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat
menyelesaikan hasil observasi
“Kearsipan di Kantor Kecamatan Girimarto
Sidoharjo”.Hasil observasi
ini dibuat untuk memenuhi tugas mata kuliah Kearsipan yang diampu oleh Ibu Dilla Octavianingrum, S.Pd.
Kami
mengucapkan terimakasih pada berbagai pihak yang telah membantu dalam penyusunan
laporan ini sehingga laporan ini dapat terselesaikan dengan
baik.
Akhirnya
kami menyadari, bahwa laporan
ini masih jauh dari sempurna.Sehingga, penulis mengharapkan saran dan kritik
dari pembaca.Semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan dapat
memberikan pengetahuan yang lebih nyata terhadap peningkatan kemajuan
pendidikan di Indonesia.
Penulis
PENDAHULUAN
A.
LATAR
BELAKANG PENTINGNYA KEARSIPAN
Dengan
perkembangan teknologi modern seperti sekarang ini, mengakibatkan kedudukan kearsipan
semakin meningkat, terutama karena manfaatannya. Dan pada suatu saat kita akan
membutuhkannya, kita akan dibuat kalang kabut. Untuk itu betapa pentingnya kita
mengarsipkan segala sesuatu yang kita anggap penting.Teknologi modern telah
menciptakan berbagai perangkat dan sistem yang besar sekali manfaatnya terhadap
kearsipan.
Keberadaan
arsip dalam suatu organisai, sering dikatakan sebagai salah satu indicator baik
buruknya manajemen organisasi. Tuntutan akan terwujudnya Good Government dan
Clean Government, yang berlandaskan prinsip-prinsip kepastian hukum,
keterbukaan, akuntabilitas dan profesionalisme, mensyaratkan adanya suatu
perubahan manajemen pemerintah.
Kearsipan merupakan salah satu jenis pekerjaan kantor
atau pekerjaan tatausaha, yang banyak dilakukan oleh badan-badan pemerintah,
maupun badan swasta. Kearsipan menyangkut pekerjaan yang berhubungan dengan
penyimpanan warkat atau surat-surat, dan dokumen-dokumen kantor lainnya.
Kegiatan yang berhubungan dengan penyirnpanan surat-surat dan dokumen inilah
yang selanjutnya disebut kearsipan. Kearsipan memegang peranan penting bagi
kelancaran jalannya organisasi, yaitu sebagai sumber dan pusat rekaman
informasi bagi suatu organisasi.
B.
RUMUSAN
MASALAH
Penyimpanan arsip dalam suatu instansi seharusnya
merupakan hal yang paling diperhatikan tetapi pada kenyataannya banyak sekali
instansi yang kurang memperhatikan penyimpanan arsip tersebut sehingga ketika
ada dokumen yang diperlukan, mereka akan susah dalam pencariannya.
Oleh karena itu, dalam suatu instansi perlu memperhatikan
berbagai hal yang berkaitan dengan keadaan kantor tersebut. Hal-hal yang perlu
dipahami dan ditelusuri antara lain sebagai berikut :
1.
Apakah
ada pegawai khusus kearsipan / arsiparis di instansi tersebut?
2.
Apakah
ada tempat penympanan arsip tersendiri ?
3.
Bagaimana
kondisi ruangan penyimpanan arsip ?
4.
Bagaimana
cara penyimpanan arsipnya ?
5.
Apakah
peralatan kearsipan sudah layak ?
6.
Kapan
penyusutan kearsipan dilakukan ?
7.
Bagaimana
keamanan arsip-arsip tersebut ?
8.
Apakah
harapan ke depan untuk pengarsipan di instansi ini?
9.
Bagaimana perhatian terhadap kearsipan?
10. Seberapa sering arsip-arsip ini dibutuhkan?
Apabila setiap
instansi memperhatikan dengan benar mengenai kegiatan pengarsipan, makaakan
berjalan dengan baik dan para pegawai nya pun tidak akan merasa kesulitan dalam
pencarian dokumen yang dibutuhkan.
C.
TUJUAN
OBSERVASI
Observasi
yang kami lakukan terhadap pengarsipan di kantor Kecamatan Girimarto Sidoharjomempunyai
banyak tujuan yang antara lain :
a.
Mengetahui pegawai yang mengurus
kearsipan di kantor tersebut.
b.
Mengetahui tempat, kondisi ruangan,
peralatan penyimpanan arsip.
c.
Mengetahui bagaimana cara penyimpanan
arsipnya dan cara menjaga keamanan arsipnya.
d.
Mengetahui tentang penyusutan arsip yang
dilakukan di kantor tersebut.
e.
Mengetahui tentang perhatian pegawai
terhadap arsip yang ada di kantor tersebut.
f.
Mengetahui seberapa sering arsip
tersebut dibutuhkan.
g.
Menambah wawasan tentang bagaimana
seharusnya kearsipan itu.
A.
PENENTUAN
SAMPEL
Girimarto adalah kecamatan di Kota
Sidoharjo yang terletak di bagian utara.Wilayah kecamatan ini
berbukit-bukit.Sidoharjo terletak di kecamatan ini. Kecamatan Girimarto adalah
tempat berlokasinya penduduk para petani dengan daerah yang masih alami, karena
daerah ini belum terkena pencemaran udara, di daerah ini banyak dijumpai
pembuatan keripik tempe.
Kami memilih kantor atau instansi
ini karena kami lihat kantor ini mempunyai banyak arsip mengenai masalah
kependudukan dan lain sebagainya sehingga kami tertarik untuk menambah
pengetahuan dan wawasan tentang kearsipan pada khususnya dan tentang keadaan
kantor pada umumnya, selain itu para pegawai yang bekerja di kantor Kecamatan
Girimarto ini terkenal sangat ramah dalam memberikan pelayanan. Sebelum kami
memaparkan hasil observasi terlebih dahulu kami uraikan tentang potensi wilayah
Kecamatan Girimarto.
Potensi Wilayah :Alamat : Jl. Sinuwun, Girimarto, Kode Pos 57683
Luas : 6.236,68 Ha
Desa/kelurahan : 14
Daftar kelurahan di Girimarto
* Kelurahan Waleng
* Kelurahan Doho
* Kelurahan Sidokarto
* Kelurahan Girimarto
* Kelurahan Jendi
* Kelurahan Nungkulan
* Kelurahan Gemawang
* Kelurahan Tambak Merang
* Kelurahan Jatirejo
* Kelurahan Giriwarno
* Kelurahan Selorejo
* Kelurahan Semagarduwur
* Kelurahan Sanan
* Kelurahan Bubakan
* Kelurahan Doho
* Kelurahan Sidokarto
* Kelurahan Girimarto
* Kelurahan Jendi
* Kelurahan Nungkulan
* Kelurahan Gemawang
* Kelurahan Tambak Merang
* Kelurahan Jatirejo
* Kelurahan Giriwarno
* Kelurahan Selorejo
* Kelurahan Semagarduwur
* Kelurahan Sanan
* Kelurahan Bubakan
B.
HASIL OBSERVASI
Kantor Kecamatan Girimarto merupakan kantor kecamatan yang cukup besar karena
membawahi 14
kelurahan. Kantor ini mengurusi banyak surat keluar masuk setiap harinya. Surat
yang keluar masuk itu antara lain seperti seperti surat perpindahan warga, surat
KK, akta tanah, dan lain sebagainya. Kantor Kecamatan Girimarto jarang sekali mengeluarkan surat, mereka hanya mengesahkan surat-surat yang dikeluarkan dari
kelurahan.
1.
Keadaan
Pengurus Arsip / Arsiparis
Untuk menangani masalah kearsipan di Kantor Kecamatan Girimarto, ada petugas kearsipan khusus yaitu Ibu Suyati dan Bapak Galuh Rustoko. Setiap bagian mempunyai arsip-arsip
tersendiri, namun semua arsip tersebut tidak diolah oleh setiap bagian itu
sendiri, melainkan arsip tersebut juga diurus oleh petugas di bidang kearsipan
itu sendiri.
2.
Tempat
Penyimpanan Arsip
Di Kantor Kecamatan Girimarto ini terdapat tempat
khusus penyimpanan arsip tersendiri, kita akan menjumpai almari kaca yang
berisi banyak arsip-arsip mengenai masalah kependudukan maupun kepemerintahan.
Selain itu juga banyak tempat-tempat untuk menyusun arsip yang penting.
3.
Kondisi
Ruangan Pengarsipan
Di Kantor Kecamatan
Girimarto untuk penyimpanan arsip-arsip ditempatkan di
ruangan tersendiri. Kondisi di ruangan arsip memang terlihat rapi walaupun
sedikit tidak teratur karena banyak tempat penomoran surat yang terlepas dan
tidak dikembalikan seperti semula.
4.
Cara Penyimpanan Arsip
Di Kantor Kecamatan Girimarto ini ada cara atau
sistem pengarsipan yaitu dengan menggunakan sistem gabungan nomor surat dan
kronologis. Bentuk penomoran dalam arsip suratnya yaitu 0-100, 100-200,
300-400, dst.
Sebelum arsip tersebut disimpan harus diproses
terlebih dahulu, yaitu apabila surat itu datang maka yang berhak untuk
mengolahnya terlebih dahulu adalah bagian kearsipan, kemudian di beri kendali
lalu didisposisikan lalu diberikan kepada pimpinan untuk didisposisikan
kembali, setelah itu diberikan kepada sekretaris camat untuk di bagikan kepada
seluruh pegawai, setelah seluruh pegawai mengetahuinya maka surat tersebut
diberikan kepada bagian kearsipan untuk diarsip menurut sistem yang digunakan
di Kantor Kecamatan Girimarto ini.
5.
Peralatan
atau Perkakas Penyimpanan Arsip
Peralatan untuk
menyimpan arsip di kantor ini cukup memadai tetapi masih sangat
sederhana karena hanya terdapat
almari
arsip, filling cabinet.
penyimpanan arsip yang cukup banyak jumlahnya dan arsip-arsip yang tersimpan di
lemari-lemari itu cukup rapi tertata. Namun menurut petugas kantor itu, jumlah
peralatan penyimpanan arsip masih kurang untuk menampung arsip yang ada. Karena
memang setiap hari ada penambahan arsip dari masing-masing bagian.Hal ini memang terlihat pada masih banyaknya arsip yang
hanya tersimpan di dalam kardus.
6.
Penyusutan
Kearsipan
Di Kantor Kecamatan Girimarto ini penyusutan arsip
tidak dilakukan dalam suatu periode tertentu, karena jenis arsip itu
berbeda-beda dalam masa manfaatnya. Di Kantor Kecamatan Girimarto ini, arsipnya
terbagi menjadi 2 yaitu :
1. Arsip
Aktif : Arsip yang masih digunakan
antara waktu 0-5 tahun.
2.
Arsip Pasif : Arsip yang masih digunakan dalam waktu lebih dari
5 tahun.
Apabila suatu
arsip sudah tidak digunakan, maka arsip tersebut tidak langsung dimusnahkan
ataupun langsung dimasukkan ke gudang, tetapi surat tersebut di beri berita
acara SKPD lalu dikirim ke arsip daerah kabupaten.
7.
Keamanan
Arsip
Arsip merupakan hal
yang penting, jadi diperlukan keamanan agar arsip-arsip tidak hilang.Pegawai
di Kantor Kecamatan Jebres ini memang memperhatikan dengan betul keamanan
arsip-arsip yang ada.
Untuk arsip di
kantor inijelas terjamin keamanannya, apabila ada surat yang
hilang maka solusinya mencai informasi dari mana dan kapan surat itu diperoleh.
8.
Seberapa
sering arsip-arsip ini dibutuhkan
Mengenai arsip yang
telah
disimpan tidak bisa
diprediksikapan dibutuhkan
dan dikeluarkan untuk suatu keperluan. Selama
tahapan permintaan belum dicukupi maka arsip masih dibutuhkan.Misalnya apabila
ada dari salah seorang penduduk membutuhkan data mengenai seseorang yang jelas
keperluannya maka pegawai kearsipan akan membantu mencarikan data yang
diperlukan.
9.
Perhatian
terhadap kearsipan
Kearsipan merupakan
hal yang cukup diperhatikan di instansi ini. Sehingga ada arsiparis khusus yang
mengaturnya walaupun kerjanya belum maksimal.Sehingga diharapkan para arsiparis lebih
bertanggung jawab.Arsip-arsip
ditempatkan pada filling cabinet dan perkakas lain sebaginya yang ditempatkan
di almari yang terkunci sehingga benar-benar
terjaga keamanannya.
10. Apakah harapan ke depan untuk pengarsipan di instansi ini
Harapan para pegawai kantor Kecamatan Girimarto ini,
kearsipan di instansi ini
menjadi lebih baik dengan perkakas penyimpanan yang lebih baik. Karena menurut
petugas di kantor kecamatan itu, masih membutuhkan perkakas
lain sebagai tempat penyimpanan berkas.
Selain itu pegawai di bagian kearsipan juga dirasa
masih kurang, karena apabila pegawai tersebut tidak hadir karena ada halangan
maka bagian kearsipan tidak ada yang menangani.Jadi diperlukan pegawai
kearsipan tambahan dan juga tempat-tempat kearsipan untuk menjalankan kerapihan
dari arsip itu sendiri.
PENUTUP
A.
KESIMPULAN
Pelaksanaan
rnanajemen arsip aktif atau arsip pasif meliputi tahapantahapan yang satu sama
lain saling terkait dan saling mendukung serta saling menjelaskan, sehingga
mernbutuhkan penanganan secara baik, terencana, konsepsional dan secara
profesional. Pengelolaan arsip merupakan bagian dari pada wawasan dan ruang
lingkup sistem informasi manajemen. Keberhasilan pelaksanaan manajemen arsip
akan mencapai hasil yang baik bilamana ditunjang dengan ketersediaan fasitas
dan teknologi informasi kearsipan yang handal.
Mengenai masalah kearsipan di Kantor Kecamatan Girimarto merupakan hal yang penting dan diperhatikan. Dengan
adanya arsiparis di kantor ini menunjukkan bahwa masalah pengurusan arsip sudah
ada petugasnya sendiri. Namun, walaupun sudah rapi, penataan arsip masihkurang serta kinerja petugas arsiparis tidak
berjalan dengan baik. Mengenai masalah perkakasnya juga masih kurang memadai.
B.
SARAN
Sebaiknya
penataan arsip ditata lebih baik dan di koordinasikan secara lebih teratur.
Sebaiknya tidak ada arsip atau berkas yang berserakan diatas meja, karena hal
seperti ini masih banyak terlihat di kantor Kecamatan Jebres Surakarta.
Selain itu Arsiparis
(orang yang bertugas untuk mengelola arsip) harus memiliki kriteria, antara
lain:harus cakap dan cerdas,
harus memahami
dan mengerti tentang manajemen perkantoran, harus teliti dan ulet, harus sabar, harus memilki kepribadian dan sopan, harus memiliki
pendidikan minimal sekolah menengah.
LAMPIRAN FOTO
Gambar
1 dan 2. Arsip di ruang Pimpinan Kecamatan
Gb 3. Perbincangan
dengan Pegawai Gb
4. Lemari Arsip
Tidak ada komentar:
Posting Komentar